Jumat, 04 Januari 2013

Pengenalan MAPLE


Maple adalah perangkat lunak matematika berbasis komputer, yaitu sistem komputer aljabar yang mampu menyelesaikan persamaan dalam bentuk solusi numerik dan simbolik. Maple dibuat oleh Wateloo Maple Software (WMS) yang cikal bakalnya berasal dari para peneliti dari University of Wateloo, Canada, di tahun 1988.
Maple merupakan Computer Algebra System (CAS) yang dapat memanipulasi pola, prosedur, dan perhitungan algoritma, baik untuk analisis maupun sintesis. Hasil perhitungan Maple mampu menjadi solusi matematika dengan metode numerik dan simbolik. Di dalamnya terdapat simbol, sintak, dan semantik mirip seperti bahasa pemrograman. Maple mampu menyajikan
Pemrosesan simbolik dan visualisasi. Visualisasi persamaan matematika dapat disajikan dalam berbagai variasi grafik simulasi modeling, bahkan animasi. Semuanya dapat dengan mudah dilakukan.
            Maple berjalan pada system operasi keluarga Windows dan cukup mudah untuk digunakan. Perintah-perintah seperti cut, copy, dan paste bias menggunakan hotkey seperti di Windows. Sebelum masuk ke perintah-perintah yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, khususnya untuk Aljabar Linier, terlebih dahulu kita harus memahami lingkungan Maple.

Bagian-Bagian MAPLE
     Maple yang saya gunakan kali ini adalah MAPLE
a)      Menu Bar, seperti File, Edit, dll, pada bagian paling atas.
b)      Toolbar berisi ikon yang akan digunakan dalam Maple.
c)      Worksheet atau Lembar kerja.
d)     Palettes adalah digunakan untuk mempermudah dalam menulis di worksheet. Palettes umumnya terletak dibagian kiri dari maple.

Aturan Penulisan MAPLE
a.      Aturan Dasar MAPLE
Penulisan dalam maple umumnya terdiri dari penulisan Modern dan Classic, penulisan secara modern secara otomatis bisa digunakan pada saat maple dibuka sedang penulisan secara Classic dilakukan dengan menkan "ctrl + M". Pada dasarnya dari segi fungsi keduanya sama. Perbedaanya dapat dilihat dari gambar berikut:

Untuk eksekusi perintah digunakan tombol enter atau dengan klik ikon "!" pada toolbar. Selanjutnya dalam Maple setiap perintah akan berbentuk “perintah( );” perintah disini menyesuaikan perintah yang digunakan. Didalam kurung berisi permasalahan matematika dan parameter yang diperlukan.
b.      Aturan Penulisan Matematika dengan MAPLE
Operasi
Penulisan Biasa
Penulisan Maple
Penjumlahan
+
+
Pengurangan
-
-
Perkalian
x
*
Pembagian
: atau /
/
Pangkat
2b3
2*b^3
Pi
pi
Akar Pangkat Dua
sqrt(9)
Nilai Mutlak
abs(9)
Pendefinisian
f(x)=2x+3
f(x):=2*x+3
c.       Matematika dengan MAPLE
1.      Pada Maple Worksheet Environment, tuliskan ekspresi :
> 7+2;
2.      Setiap perintah pada Maple haru diakhiri dengan semicolon (;). Tanda colon (:) hanya akan menghasilkan sementara.
            > hasil:=3^2+5:
            > hasil;

3.      Maple bekerja dengan hirarki operasi scientific seperti layaknya aturan-aturan yang baku.
> 3+3*4+5^2;
      4.      Maple juga mampu bekerja secara simbolik dan mampu melakukan operasi aljabar, baik perkalian,
            penguraian maupun pemfaktoran.
            > (x+y)^4;
            > expand(%);
Tanda % menunjukan hasil yang terakhir (last output) versi sebelumnya.
Expand menunjukan penguraian perkalian aljabar.
5.       Maple juga mampu bekerja secara simbolik dan mampu melakukan operasi aljabar, baik perkalian, penguraian maupun pemfaktoran.
> P:=x^2+3*x+2;
> Q:=x+1;
> simplify(P/Q);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar